• Kemakmuran

Bagi orang yang biasa berpikir rasional dan eksak, kemakmuran seseorang atau masyarakat diukur dengan jumlah serta nilai bahan-bahan dan barang-barang yang dimiliki atau yang dikuasai untuk memelihara dan menikmati hidupnya.

Kemakmuran adalah suatu suasana umum dimana setiap orang yang bekerja sungguh-sungguh dengan menggunakan kemampuan yang ada padanya, terjamin akan rumah, sandang dan papannyayang layak buat dia dan keluarganya.

Kebahagiaan adalah suatu keadaan dimana keinginan-keinginan seseorang atau suatu masyarakt seimbang dengan keadaan materiil atau sosial yang dimiliki atau dikuasainya.

  • ¬†Kemiskinan

– Sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang pokok, seperti pangan, pakaian, papan sebagai tempat berteduh.

– Sebagai suatu standar tingkat hidup yang rendah, yaitu adanya suatu tingkat kekurangan materi pada sejumlah orang dibandingkan dengan standar kehidupan yang umum berlaku dalam masyarakat yang bersangkutan.

Tolok ukur kemiskinan ada 2yaitu tingkat pendapatan dan kebutuhan relatif. Kemiskinan menurut pendapat umum dikategorikan menjadi:

1. Kemiskinan yang disebabkan aspek badaniah/mental seseorang.

2. Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam.

3. Kemiskinan buatan.