pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan lebih dewasa.

pertumbuhan dapat ditinjau dari 3 aliran :

  1. asosiasi
  2. psikologi gastalt
  3. sosiologi
faktor yang memepengaruhi pertumbuhan :
  1. natvistik
  2. empiristik dan environmentalisik
  3. konvergensi dan interaksionisme

 

INDIVIDU

Individu berasal dari kata latin, “individuum” artinya “yang tak terbagi”. Individu bisa dipakai sebagai suatu sebutan untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan terbatas. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tak dapat dibagi, melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan. Arti dari  individu sendiri adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kea rah yang lebih mahu dan dewasa. Perubahan ini biasa di sebut dengan proses.

Adapun arti lain dari pertumbuhan dari berbagai aliran yaitu asosiasi, aliran psichologi gestalt dan aliran sosiologi.

  1. menuurut asosiasi adalah terjadinya perubahan pada seseorang secara bertahap karena pengaruh baik dari pengalaman maupun dari empiris luar.
  2. Menurut aliran psichologi adalah proses perubahan secara perlahan-lahan pada manusia dalam mengenal suatu yang semula mengenal sesuatu secara keseluruhan baru kemudian mengenal bagian- bagian dari lingkungan yang ada.
  3. Menurut aliran sosiologi adalah proses sosialisasi yaitu proses perubahan dari sifat mula-mula yang asosial atau juga sosial kemudian bertahap disosialkan

Faktor- faktor yang memperngaruhi pertumbuhan :

A . Masa vital

Pada masa ini , individu menggunakan fungsi-fungsi biologis untuk menemukan banyak hal dalam dunianya.

B. Masa Estetik

Di masa ini , anak akan menentang kehendak orang atau sengaja melanggar apa yang dilarang dan tidak melakukan apa yang seharusnya dillakukan. Tetapi, anak melakukan seperti juga beralasan, yaitu sebagai tahap menemukan dirinya sebagai “subjek”.

C. Masa Intelektual ( keserasian bersekolah )

Suatu hal yang penting pada masa ini adalah anak menerima otoritas orang tua dan guru sebagai suatu hal yang wajar karena itu pada anak-anak ini mengharapkan adanya sikap yang objektif dan adil pada pihak orang tua dan guru sebagai pemegang atoritas sehingga sikap pilih kasih akan mudah menimbulkan problem di kalangan mereka.

D. Masa Remaja

Adalah masa yang banyak menarik perhatian masyarakat karena mempunyai sifat-sifat khas dan yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakatnya.

E. Masa Usia Mahasiswa

Saat masa ini adalah masa dimana individu melakukan pemantapan pendirian hidup yaitu penyiapan diri dengan keterampilan dan kemampuan-kemampuan untuk merealisasikan pendirian hidup yang telah dipilih.

KELUARGA

Keluarga adalah suatu kelompok kecil di dalam masyarakat.

Ada beberapa fungsi dari keluarga :

a.  Fungsi biologis

Dalam fungsi ini diharapkan agar keluarga dapat menyelenggarakan persiapan-persiapan perkawinan bagi anak-anaknya.

b. Fungsi Pemeliharaan

Keluarga wajib memelihara anggotanya dari berbagai macam gangguan dari faktor luar maupun dalam

c. Fungsi Ekonomi

Keluarga menyediakan kebutuhan-kebutuhan pokok diantaranya makan dan minum, pakaian dan tempat tinggal.

d. Fungsi keagamaan

Keluarga mengajarkan dan mengamalkan ajaran-ajaran agama pada anggotanya.

e. Fungsi Sosial

Keluarga mempersiapkan anak-anaknya bekal selengkapnya dengan memperkenalkan nilai dan sikap yang dianut oleh masyarakat serta memperlajari peranan mereka yang kelak akan mereka jalankan saat dewasa.

MASYARAKAT

Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adapt istiadat yang sama-sama di taati dalam lingkungannya.

Dalam pertumbuhannya dan perkembangannya, suatu masyarakat dapat digolongkan menjadi :

1. masyarakat sederhana ( primitif )

dalam masyarakat sederhana masih menggunakan pola piker yang primitif yaitu adanya pembedaan hak dan kewajiban menurut jenis kelamin

2. masyarakat maju ( modern )

memiliki aneka ragam kelompok sosial, atau lebih akrab dengan sebutan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai.